Waspadai Toxoplasma !

Anda salah seorang penggemar kucing ?

Binatang yang terkenal manja dan pemalas ini memang sangat menggemaskan. Apalagi bila penampilannya cantik dengan bulu yang halus dan bersih terawat, siapa yang tak ingin memeluknya. Namun, waspadalah ! Binatang imut ini dapat membahayakan kesehatan kita. Penyakit yang dibawanya bisa menjangkiti siapa saja termasuk Anda !

Toxoplasma. Itulah nama penyakit yang dibawa oleh kucing. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis protozoa (hewan bersel satu). Parasit toxoplasma ini hidup dan berkembangbiak dengan baik di dalam saluran pencernaan kucing. Dalam kotoran kucing, parasit ini ditemukan dalam bentuk telur.

Biasanya setelah buang air, kucing akan membersihkan dirinya dengan lidah lalu menjilat kesana kemari bahkan bulu-bulunya yang indah itu. Kita terkadang tak menyadari. Kita memegang dan memeluk kucing dengan santainya. Lalu kita memegang makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Kucing yang sering mendapatkan perawatan dari dokter hewan sekalipun tidak menutup kemungkinan untuk menjadi inang dari parasit ini.

Siapa saja (pria & wanita) bisa terkena penyakit ini. Parasit toxoplasma berkembang biak dengan cara membelah diri kemudian membentuk kista. Pada ibu hamil, penyakit ini bisa menginfeksi janin yang sedang dikandungnya. Pada wanita yang tidak hamil, parasit ini akan berdiam di dalam tubuh dan akan aktif apabila wanita itu hamil nantinya. Pada pria, parasit ini bisa ditularkan kepada pasangannya melalui sperma karena parasit ini berkembang biak di dalam cairan tubuh manusia.

Toxoplasma bisa menyebabkan beragam cacat pada bayi diantaranya adalah gangguan penglihatan, dan gangguan pendengaran. Kelainan-kelainan lain juga dapat terjadi seperti pucat, demam, gangguan hati, jantung, pendarahan, dan gangguan fungsi syaraf yang akhirnya bisa mengganggu perkembangan motorik anak. Hydrocephalus (pembesaran kepala), encephalus (tidak memiliki tulang tengkorak), bahkan kematian pada bayi pun berpotensi disebabkan oleh parasit toxoplasma ini.

Apabila sudah terinfeksi parasit ini sulit dibunuh, parasit ini hanya bisa dilemahkan. Pada saat kondisi tubuh kuat, parasit ini tidak akan menimbulkan gejala penyakit. Namun, pada saat kondisi tubuh melemah, kekebalan tubuh menurun, stress dan kekurangan gizi, parasit ini dapat menimbulkan berbagai macam gejala penyakit.

Segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar bisa dilakukan penanganan dini apabila dokter menyatakan Anda positif mengidap parasit ini dalam tubuh. Jangan remehkan penyakit ini karena betapapun Anda menyayangi kucing Anda, kesehatan Anda tetaplah yang terpenting.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s