Identitas Korporat (Corporate Identity)
1. Pengertian Identitas Korporat
Dalam bukunya The Company Image, Elinor Selame mengatakan identitas korporat atau corporate identity adalah apa yang senyatanya ada pada atau ditampilkan oleh perusahaan. ( Selame dalam Sutojo 2004:13 )
Identitas korporat (corporate identity) menurut M. Linggar Anggoro ( 2000:280) adalah suatu cara atau suatu hal yang memungkinkan suatu perusahaan dikenal dan dibedakan dari perusahaan-perusahaan lainnya. Ia juga menyebutkan bahwa identitas perusahaan harus diciptakan melalui suatu rancangan desain khusus yang meliputi hal-hal unik atau khas tentang perusahaan yang bersangkutan secara fisik.
Rhenald Kasali ( 2003:110-114) dalam buku Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia mengatakan bahwa identitas perusahaan atau identitas korporat disebut juga sebagai simbol perusahaan, apakah berbentuk logo perusahaan atau lambang lainnya. Simbol selain dimaksud agar lebih mudah diingat oleh konsumen juga agar dijiwai oleh segenap karyawannya. Simbol sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di sektor jasa yang menjaga pelayanan, kredibilitas, dan keramahan manusia di dalamnya.
2. Elemen Identitas Korporat
Penulis buku Marketing Corporate Image, James R. Gregory (Gregory dalam Sutojo 2004:14) menyatakan identitas korporat atau corporate identity terdiri dari dua elemen pokok, yaitu:
- Nama (name atau mark)
- Logo (logos)
M. Linggar Anggoro (2000:280) dalam bukunya Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia menyatakan elemen-elemen utama identitas perusahaan atau identitas korporat meliputi tipe logo, warna/bentuk bangunan, atribut, sampai dengan seragam dan pakaian resmi perusahaan.
3. Mengefektifkan Identitas Korporat
Dalam buku “Membangun Citra Perusahaan”, Siswanto Sutojo (2004:25-27) mengemukakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan desain identitas, yaitu:
Identitas singkat tapi jelas. Identitas tidak membingungkan, tidak asal-asalan dibuat, orisinil atau karya asli buatan sendiri, tidak menjiplak, tidak mudah dilupakan.
Agar mudah dimengerti dan diingat banyak orang, nama dan logo yang dipergunakan untuk menampilkan identitas harus pendek, mudah dibaca dan dimengerti. Dalam waktu beberapa detik, audiens sasaran harus dapat menangkap arti yang dimaksudkan perusahaan dengan logo tersebut. Lebih ideal lagi apabila dengan melihat logo beberapa detik, audiens sasaran dapat mengingatnya kembali pada kesempatan lain. Logo diharapkan lebih mudah dimengerti dan diingat apabila dilengkapi dengan sebuah slogan yang menarik.
Membawa arti tertentu
Agar audiens sasaran dapat menangkap arti logo atau identitas yang akan mereka pergunakan, pada saat menyiapkan desain logo banyak perusahaan melakukan survai.
Logo dapat dipergunakan secara fleksibel
Logo harus dapat dipergunakan di atas semua jenis bahan atau permukaan. Logo juga harus dapat dicetak dengan baik dalam berbagai ukuran.
Tidak cepat membosankan
Agar audiens tidak cepat bosan melihat atau membacanya, desain identitas perusahaan harus dibuat menarik, tidak membosankan, mudah dibaca, dan sedap dipandang.
Tom Brannan (2004:79-80) mengatakan bahwa identitas perusahaan dapat memelihara prospek sebagaimana yang diharapkan suatu perusahaan. Logo dan tipografi dapat dirancang untuk meraih prospek tersebut. Desainnya juga bisa membuat perusahaan kecil tampak besar. Sebuah desain yang baik adalah yang memberikan ruang dalam rancangannya dan desain tersebut akan lebih tampak menyerupai perusahaan yang sudah mapan.
Seperti yang dikemukakan M. Linggar Anggoro dalam bukunya Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia sebagai berikut:
“Tipe, bentuk, warna-warna logo ternyata dapat melambangkan (atau mengundang penafsiran) nilai-nilai tertentu, tingkatan kebudayaan, serta sikap dan perilaku dari sebuah organisasi. Tipe logo ternyata dapat mengidentifikasikan (memunculkan identitas), dan pada gilirannya identitas itu akan mempersonifikasikan (membentuk sosok tertentu atas suatu lembaga atau perusahaan di mata khalayak/konsumennya).” (Anggoro 2000:291)
Terence A. Shimp (2003:307) mengungkapkan bahwa strategi terbaik untuk meningkatkan kemampuan memuaskan diri dari suatu logo adalah dengan memilih suatu desain yang secara moderat cukup teliti menampilkan lebih dari sekedar gambar yang terlalu simple atau terlalu kompleks. Selain itu, desain-desain natural juga diperlukan untuk menghasilkan respons-respons konsumen yang lebih menguntungkan.
dear minny, boleh dishare gak pustaka ato lietaratur lengkapnya yg dipake apa aja? Isi artikelnya pas bgt sama tugas kuliah aku, dan aku harus nulis lengkap referensinya dari mana. Thx ^^
ada lumayan buku yang saya baca, referensinya saya kirim ke imel mu aja ya….. thx…
boleh minta referensi bukunya donk….aku buat skripsi biznya susah bgt nyari2 buku tentang corporate…taks sebelumnya..
boleh minta daftar pustakanya juga gag?
hai minny, isi artikel kamu cocok bgt dengan topik thesis aku yang membahas ttg CSR sebagai instrumen komunikasi perusahaan. boleh di share ga ya dafter pustaka atau referensi kamu? terima kasih sebelumnya :)
sis biasa krm k email ku ga nama buku ya apa ya? thx
email ku msaer_izho@yahoo.com untuk TA ku ni hihi ^^
sis aku bisa minta pustaka / literature yang lengkapnya nggak??
coz aku mau ada tugas mengenai itu..
email aku agungsupriyadi83@yahoo.co.id..
pliss….
saya boleh minta pustaka / literature yang lengkapnya tidak ?
kalau bisa email ke
ini_dew@yahoo.com
saya tertarik sekali dengan branding- corporate
boleh minta tolong di share daftar pustakanya yang ngebahas corporate identity ngga? share ke email ya…. makash banyak…. byu_akhmad@yahoo.com
sis aku minta pustaka / literature yang lengkapnya boleh?
untuk proyek ta ku :) email: konx_emon@yahoo.com
thank u so much :)
halo mbak salam kenal, aku boleh minta refrensinya ?? trimakasih
email: ragildecikinimen@yahoo.co.id
hai minny, ak bole minta referensi buku nya atau literature nya yang lengkap nggak??? buat TA ku nich…thx b4
ni alamat email ku lieke.lovestar@gmail.com
thx…
sist , aku boleh minta pustakanya yang lengkap ga ??? buat tugas nich sist.. email: dwi_junica@yahoo.com
makasih banyak ya sist..
Terima kasih. Sangat berguna.. :)
berguna bgt tulisannya……boleh minta rferensinya gak…ini buat skripsi…..
hello sist… aku boleh minta daftar pustakanya yang lengkap gak?? buat tugas akhir ni sist….
email : embeksapi2@gmail.com
maksaih banget ya sist…
Sis.. Aku minta daftar referensinya ya.. buat TA ku.. Ni emailku born_2luv_her@yahoo.com makasi ya sis..
Sis.. Aku minta daftar referensinya ya.. buat TA ku.. Ni emailku born_2luv_her@yahoo.com
makasi ya sis..
kak, aku bole minta daftar pustakanya juga gak?
aku lagi butuh banget nih buat TA nanti..
email aku vemalevie@yahoo.com
makasi yah kak..
sis boleh tau gak buku referensinya apa aja? buat skripsi aku,.
email : tyas_aiu22@yahoo.com
makasih banget sist :)
Tolong bantu buat referensinya ya
Email: kriswibisono@yahoo.co.id
Thx before
minta refrensi nya dong sist..aku lg proses ta. trima kasih sebelumnya. semoga amal baik nya di trima oleh tuhan :)
email : indra.chaerul@gmail.com
mohon bantuanya ya sist :)
siss minta daftar pustakanya boleh buat TA siss..
email: purple_me91@yahoo.com
thanks siss
halo mbak salam kenal, aku boleh minta refrensinya ?? trimakasih
email: angniz@yahoo.com
aku minta referensi bukunya yah, buat tugas skripsi tentang corporate identity.
desitrikurniasari@gmail.com
artikel ini buagus buangeeeeet!!!!
sebagai artikel ilmiah tentu pingin tau buku apa aja yang dipake sebagai referensinya.
boleh kan kirimin daftar referensinya.
makasih buangeettt MIn_
Kak, boleh minta referensi buku nya apa aja, buat TA nih ka,
email : rizqinurkhaerani94@gmail.com
Mkasih bnyak kak, atas share nya,,.
jeng ,minta daftar pustakanya ya ….buat TA ku tentang CSR & nilai perusahaan …please email ke wahyu_oke29@yahoo.co.id …makasih
Halo kak! Bagus banget post nya. Oiya aku boleh minta referensi-referensi buku dan literatur atau mungkin daftar pustaka nya gak kak? Buat TA nih hehe
Emailku: maxxthepulse@gmail.com
Makasih banyak ya kak!
mbak aku boleh minta buku refrensinya ga buat tugas akhir aku, kirim ke email aku mbak, fajrinnp@yahoo.com
Kak aku boleh minta buku-buku referensi untuk artikel ini gak ya? Buat tugas akhir soalnya. emailku maxxthepulse@gmail.com
semoga komennya dibaca hehe makasih banyak ya kak!
blh minta refensi/daftar pustax g??
emailQ : dionesianafraty@rocketmail.com
sis boleh minta daftar referensinya buat TAq.. ni emailq iim.imarotul@yahoo.co.id.. thanks sist
Sy jg blh mnt daftar pustakanya gak??
email : alifia.maulidia@gmail.com
Salam. Saya Juga sedang butuh data referensinya Pak. ini alamat email saya. sedang butuh sekali hari ini.
zunfa.zunkar@gmail.com
sist… boleh minta daftar pustakanya gag?? buat TA aku…
makasih yah sist..
kirim k email : amalia.31082011@gmail.com
Mbak, bisa minta tolong kirim referensi bukunya ap,,, tolong Mbak y buat TA q… kirim ke henkyachmad@yahoo.com trimss…
boleh dishare gak pustaka ato lietaratur lengkapnya yg dipake apa aja? artikelnya lagi butuh banget buat tugas kuliah aku, aku harus nyertain referensinya secara lengkap. Thanx Minny-Minds***
Min minta referensinya dong buat tugas akhirku juga, ini emailnya
Fadoilurdkv@gmail.com