Marketing Humas

Marketing Humas

Public Relations merupakan panca indera dari suatu organisasi/perusahaan. PR merupakan bagian dari pemasaran tapi tidak mengusahakan agar barang/jasa bias terjual dan perusahaan mendapat keuntungan.

Definisi PR menurut International of PR : sebagai upaya terencana yang dilakukan secara terus-menerus untuk mempertahankan itikad baik dan saling pengertian antara organisasi dan publiknya.

Kunci keberhasilan PR dilihat dari kepuasan pelanggan yang telah melakukan bisnis dengan organisasi/perusahaan.

Tugas PR:

  • Membantu perusahaan bagaimana berperilaku yang baik seperti yang diinginkan publiknya (how to behave)
  • Menjaga dan meningkatkan reputasi atau nama baik organisasi (goodwill)

Jadi secara garis besar PR adalah fungsi manajemen yang membentuk dan memelihara relasi yang saling menguntungkan antara anggota organisasi dan publiknya. Keberhasilan/kegagalan PR ini tergantung bagaimana menbentuk dan memelihara relasi yang saling menguntungkan itu.

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

PR tidak mengharapkan mendapatkan pertukaran yang bernilai dan tidak mengharapkan produk (barang/jasa) itu terjual.

Tujuan pemasaran adalah untuk menarik dan memuaskan konsumen dalam jangka panjang agar dapat mencapai tujuan ekonomi organisasi.

Aktivitas inti pemasaran:

  1. Pengembangan produk
  2. Riset
  3. Komunikasi
  4. Distribusi
  5. Penetapan harga
  6. Pelayanan

Membina hubungan dengan pelanggan dijabarkan sebagai berikut:

  1. Merancang strategi untuk menarik pelanggan baru dan menciptakan transaksi
  2. Berusaha mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membina hubungan jangka panjang.

Definisi tersebut yang mendorong munculnya 5 konsep yang melandasi aktivitas pemasaran organisasi. Lima konsep itu adalah:

Konsep Produksi

Percaya bahwa pelanggan/konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau. Manajemen akan berusaha memperbaiki produksi dan efisiensi distribusi. Konsep ini merupakan konsep tertua. Contoh: PT. Casio Jepang memiliki image awal sebagai kalkulator daging; Samsung diidentikkan dengan merk TV dan AC

Konsep Produk

Percaya bahwa konsumen akan menyukai produk yang mempunyai mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat paling inovatif. Manajemen mencurahkan energi terus-menerus melakukan perbaikan produk. Kelemahan konsep ini yaitu tidak melihat persaingan.

Konsep Penjualan

Percaya bahwa konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah cukup kecuali diadakan usaha penjualan dan promosi berskala besar. Biasanya dilakukan pada barang tidak dicari seperti rumah sakit, sekolah, asuransi, ensiklopedia. Resikonya tinggi karena tujuannya menjual apa yang mereka buat bukannya membuat apa yang diinginkan pasar.

Konsep Pemasaran

Yakin bahwa pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran. Konsep ini perspektifnya dari luar ke dalam dan untuk jangka panjang.

Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial

Organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar sasaran dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Contoh: Jhonson-Jhonson dengan rumah sakitnya dan iklannya yang sedikit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s