Merk (Brand)

Pemasar harus berusaha menciptakan Brand Equity (ekuitas merk) yaitu kumpulan sesuatu yang berharga yang melekat pada merk serta kewajiban-kewajiban yang terjalin pada sebuah merk, nama, dan simbol yang dapat menambah/mengurangi nilai.

Brand Equity sapat menciptakan nilai bagi pelanggan maupun perusahaan. Bagi pelanggan, kepuasan akan meningkat karena produk yang dibeli mempunyai kualitas dan asosiasi merk yang positif. Bagi perusahaan akan memudahkan bagian promosi untuk mencari pelanggan baru karena merk sudah terkenal.

Kesadaran Merk (Brand Awareness)

Kesadaran merk adalah kemampuan pembeli potensial untuk mengenali atau mengingat sebuah merk untuk kategori produk tertentu. Kesadaran merk terdiri atas:

Top of Mind

Merk yang disebut pertama kali untuk kategori produk tertentu. Kategori yang dimaksud terdiri atas satu saja. Contohnya Sony sebagai top of mind merk TV.

Brand Recall

Merk yang disebut untuk kelas produk tertentu. Kelas yang dimaksud terdiri lebih dari satu. Contoh brand recall produk motor adalah Honda, Yamaha, Suzuki.

Brand Recognation

Tingkat minimum dalam proses menciptakan kesadaran terhadap merk. Pelanggan dapat mengingat tentang merk tetapi ingatannya tidak terlalu kuat, paling tidak pernah mendengar. Contohnya iklan minuman beroksigen mudah hilang dari ingatan pembeli setelah iklannya hilang dari TV.

Unware of Brand

Masyarakat tidak pernah menyebut merk produk untuk kategori tertentu, dampaknya tingkat penjualan tidak terlalu bagus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s